Tanah Pakpak.. Tanah Leluhur

Kejanggalan dan Keajaiban di Sidiangkat Kab. Dairi


5 Kejanggalan dan Keajaiban di Sidiangkat

 






5 kejanggalan baca realitasnya :








  1. Perbatasan antara Kab. Dairi dan Pakpak Bharat di puncak sidiangkat tidak sesuai dengan sejarah tapal batas, yang di sepakati antar marga Angkat dan marga Tinendung. Anehnya pemkab Pakpak Bharat telah mematoknya secara permanen dan membuat gapura besar di dekat hotel nantampukmas. padahal tapal batas tersebut telah ada sejak dahulu di deleng lumut1 1km dari batas sekarang. Sarjana archeologi Syafruddin Angkat mempunyai bukti-bukti tertulis.
  2. TPA atau Tempat Pembuangan Sampah di sidikalang  adalah berlokasi di tanah marga Angkat yang tidak jelas apakah di desa karing atau di kelurahan sidiangkat. ini terlihat pamplet atau papan namanya di pinggir jalan runding dekat dengan kator kelurahan sidiangkat.
  3. Perumahan Basecamp  dulunya adalah perum NK Nindya karya apakah hak pakai dan telah di kembalikan kepada hak ulayat marga angkat atau masih Milik PU atau milik perseorangan.
  4. Nama jalan Runding sekaligus nama yang fenomenal mulai dari simpang salak sampai ke Aceh Subulusalam.
  5. Pos pos yang tidak semestinya warga sipil terlibat di jalan runding.
5 Keajaiban  yang jelas dan anda  perlu membuktiknnya

  1. Batu Aceh yang berada di kuta selam masih banyak yang berkunjung kesana. bila anda belum pernah melihat jangan lupa singgah ke kebun jeruk rasyad maha.
  2. Jalan Baru DPM. anda belum pernah melintas dari sidiangkat menuju jalan tembus ke brampu. anda coba rasakan keajaiban tarikan magnet mobil anda akan berjalan sendirinya seperti jika anda ke kota madinah. lokasinya kira-kita melewati kuta padang sebelum dapat jalan menurun 500 meter.
  3. Batu kapur di sidiangkat yang sekarang masuk wilayah karing adalah batu kapur berkualitas tinggi. tapi anda perlu hati hati mengambilnya bisa kualat.
  4. Pondok Pesantren Dairi. Anda tahu mengapa pondok pesantren benama Dairi dan berlokasi di sidiangkat dan satu lagi pondok pesantren sabilah rasyad maha dan anda tahu mengapa di abadikan namanya nah tanyakan kepada yang berkompeten.
  5. Delleng lumut yang tentunya masih menjadi perbatasan antara sidiangkat menuju sukaramai.

Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Kejanggalan dan Keajaiban di Sidiangkat Kab. Dairi"