Tanah Pakpak.. Tanah Leluhur

Nabi ISA Menggugat Dunia dan Para Penghuninya

Nabi ISA  Menggugat Dunia dan Para Penghuninya

Tulisan ini sedikit terinspirasi dari perjalanan dari Medan menuju Sidikalang ketika menaiki Mobil Datra saat mobil dipertengahan jalan dua orang dibarisan duduk saya adalah seorang anak dan ibunya tersentak karena mobil berguncak mereka menyebut Tuhan yang aneh menurut keyakinan saya.” Aduh Tuhan Jesus” teriakan mereka. Saya teringat Nabi Isa kenapa? Ya tentunya fakta dari manapun bisa kita telusuri bahkan Sebutan nama Jesus atau Yesus itu adalah sama antara Y dan J karena adanya perubahan ejaan bahasa Indonesia. Adapun Nama keduanya itu berasal dari nama Asli “Isa”  .
( Semoga Allah me Rahmatinya) Mengapa mereka menyebut dengan Sebutan “Y” dikalangan mereka tidak bisa menyebutkan Huruf  I  dengan lidah mereka demikian juga huruf A yang ada pada nama Isa. Itulah sebabnya di Eropah menyebutkan dengan “Yesus”.  Jika kita telusuri betapa kontraversi dan saat Konsili Vatikan Nicea ke 25 mereka mengetuk palu mensahkan  Nabi Isa menjadi Tuhan mereka. Nabi yang di-Utus oleh Allah kedunia ini menjadi Tuhan menurut keyakinan mereka, secara akal sehat tentunya risih  namun apa daya betapa toleransinya kita disisi mereka setiap saat. Teringat kembali saya ketika remaja saat menonton Televisi bahwa sebuah Film Hollywood,  dalam sebuah dialog juga diselingi sebutan “Jesus Chris”  namun mereka menyebut kan I’m Sorry. Mengapa ? jika sebutan itu ada seseorang selain agama mereka yaitu orang Jahudi maka mereka sangat menghargainya. Dan meminta Maaf. Begitu juga saat Kuliah ilmu Perbandingan Agama Dosen Musa Asy’ari pernah mengulangi cerita itu ketika pak Musa ke Amerika.
Mengulas kembali sejarah dimasa Nabi Isa sangatlah penting bagi kita betapa Nabi Isa adalah nabi yang termiskin didunia diantara para anbia, karena zuhudnya bahkan bantalnya yang dari batu sampai melengkung. Dalam kitab Risalatul Muawanah karangan Imam Ghozali menguraikan perkataan-perkataan  Nabi Isa Alahi Salam begitu jelas. Isa AS berkata “ Dunia adalah barang yang hadir, orang baik dan orang keji memakannya. Akhirat adalah janji yang benar, Yang Maha Raja dan Maha Kuasa memutuskan semua perkara disana” Jangan jadikan dunia sebagai tuan niscaya ia akan menjadikanmu budak. Simpanlah harta simpananmu yang paling berharga disisi Allah yang tidak akan menyia-nyiakannya. Sesungguhnya pemilik harta simpanan dunia khawatir hartanya rusak sementara pemilik harta simpanan Allah tidak khawatir. Isa Berkata “ etikaku lapar, Syiarku rasa takut.pakaianku wool, penghangatku dimusim dingin adalah terbitnya matahari dari timur,lenteraku bulan, tungganganku kakiku,makanan dan buah-buahan adalah yang ditumbuhkan dibumi. Dipagi hari aku tidak memiliki apapun dan tidak ada seorang pun didunia ini yang lebih kaya dariku”. Isa berkata “ aku heran pada yang meminta sesuatu yang tidak diberi,aku heran pada pengharap dunia sementara kematian mencarinya, aku heran pada pembangunan istana sementara kubur adalah tempatnya. Takut Allah dan cinta firdaus menjauhkan bunga dunia,memunculkan kesabaran dalam menghadapi beban berat. Makan gandum dan tidur diatas sampah bersama anjing-anjing hanya modal kecil untuk mendapat firdaus. Isa as berkata selanjutnya’ Wahai  sekalian kaum haawari, dunia dunia telah disuguhkan pada kalian, namun kalian jangan hidup bersenang-senang sepeninggalku” Murid-muridnya bertanya, “ Kenapa kau berjalan di air? Kami tidak kuat berjalan di air? Isa balik bertanya” menurut kalian, bagaimana kedudukan dinar dan dirham?” mereka menjawab, “Baik” Isa berkata,” namun bagiku, dinar dan dirham sama  seperti batu dan tanah” Isa berbantalkan batu kemudian didatangi iblisa, Iblis berkata,” wahai ISa, kau condong pada dunia.” Isa melempar batu ke iblis dan berkata,” aku tidak  punya apapun  selain ini”  Isa begitu marah dan kemudian pergi. Saat ada sebuah tenda dibuka, ternyata ada seorang wanita kemudian  isa meninggalkannya. Isa melihat sebuah Goa kemudian didekatinya, ternyata didalamnya ada binatang buas. Isa berkata,” Ya Allah, kau ciptakan tempat  tinggal untuk segala sesuatu, namun kau tidak menciptakan tempat tinggal untukku” Allah SWT kemudian memberi wahyu,” tempat tinggalmu berada di tempat rahmad Ku. Aku akan menikhakanmu dengan bidadari, aku akan memberi makan penghuni surga selam ribuan tahun dalam pesta pernikahanmu.”
 Isa berkata,” Wahai manusia, bila kau mencari dunia, dunia tidak akan mencukupimu. Sedikit saja suduah cukup bagimu bila kau inginkan yang lebih dari yang cukup, jangan kau binasakan dirimu dengan mencari dunia sehingga  membuat dirimu kalah dengan meninggalkan apa yang ada. Aib yang kau masuki dan aib pula yang kau keluarkan dari dunia. Mintalah rezki pada Allah SWT hari demi hari dan ketahuilah bahwa Allah telah menjadikan dunia ini sedikit, tidak ada lagi yang tersisa dari yang sedikit itu. Yang bersih sudah diminum dan yang tersisa hanya kotorannya. Ketahuilah dunia adalah tempat hukuman dan tipuan. Didunia, jadilah seperti orang yang mengobati luka dan bersabar atas sakitnya obat karena kesembuhan yang diharapkan. Jangan sampai kenikmatan dunia memperdayakanmu dari keajaiban-keajaiban akhirat.”
Isa berkata “ Kenapa kalian bekerja untuk dunia sementara Allah telah memberi kalian rezki tanpa kerja, sementara kalian tidak bekerja untuk akhirat padahal kalian tidak diberi rezeki disana.. Suatu saat dunia mendatangi Isa dalam wujud seorang wanita dengan berbagai perhisan yang dikenaklannya Isa bertanya,” mereka semua menceraimu, mati ataukah kau bunuh?” Wanita menjawab” Semua aku bunuh.” Isa bertanya,” apa kau bersedih pada salah satu suami-suamimu?” Wanita itu menjawab, “ mereka yang sedih padaku tapi aku tidak bersedih pada mereka, mereka yang menangis ku namun aku tidak menangisi mereka. Isa berkata ,” Aneh sekali sumi-suamimu yang masih ada. Kenapa mereka tidak memetik pelajaran dari suami-suamimu yang telah lalu.
Suatu ketika Isa melintasi suatu kaum yang tengah menyembah Allah di tengah-tengah mereka terdapat seseorang terdapat seseorang yang tengah tidur. Isa berkata padanya, “bangun dan sembah Rabbmu bersam teman-temanmu.”orang itu menjawab, Aku sudah menyembahNya dengan ibadah yang lebih baik dari ibadah mereka dan aku juga zuhud di dunia. Isa berkata” tidurlah sesaat, kau telah melebihi para ahli ibadah,” Atau Seperti yang ia bilang. (oleh :Raja Aidil Angkat)

Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Nabi ISA Menggugat Dunia dan Para Penghuninya"