Tanah Pakpak.. Tanah Leluhur

KONTES UNTA





Puluhan ribu ekor unta akan mengedipkan bulu mata yang lentik dan panjang pada kontes kecantikan yang unik bagi hewan unta yang digelar di Uni Emirat Arab. Kontes di Abu Dhabi itu adalah salah satu acara terbesar dan termahal yang memamerkan unta, dengan hadiah lebih dari $9 juta dollar dan 100 mobil. Acara ini akan menampilkan beberapa ekor unta dari Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar dan Arab Saudi. Pihak penyelenggara berharap kontes itu akan mengingatkan pengunjung dan peserta akan nilai-nilai tradisional kehidupan padang pasir di Uni Emirat Arab.
Kontes ini adalah bagian dari festival Mazayin Dhafra, yang dimulai hari Rabu, dan penyelenggara mengatakan ini adalah kontes jenis ini yang terbesar yang pernah digelar di Teluk Arab.
Satu panel yang terdiri dari pecinta unta akan memilih hewan-hewan terbaik untuk setiap kategori usia. Semua orang boleh ikut serta selama mereka bisa membuktikan bahwa unta berbibit unggul yang diikutsertakan adalah milik mereka, dan hewan itu harus sehat, tidak menderita penyakit menular apa pun dan tidak cacat.
Acara ini disponsori oleh penguasa Abu Dhabi, Sheikh Khalifa bin Zayed. Dikatakan dia ingin warga Uni Emirat Arab ikut melestarikan identitas nasional bangsa dengan menghargai hewan yang sangat penting dalam kebudayaan Arab.
Kontes kecantikan pertama bagi unta di Uni Emirat Arab dilangsungkan enam tahun lalu.
Balap unta adalah jenis olahraga yang populer, dan uang melimpah dari penghasilan minyak di kawasan itu sering kali digunakan untuk judi balap unta.
Jauh hari sebelum industri minyak dikembangkan di kawasan Arab, unta adalah hewan yang sangat berharga bagi suku-suku yang hidup di gurun pasir. Unta digunakan sebagai pengukur kekayaan, bersama dengan kuda dan burung elang.



Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "KONTES UNTA"