Tanah Pakpak.. Tanah Leluhur

HARGA TIMAH



Timah terbentuk sebagai endapan primer pada batuan granit dan pada daerah sentuhan batuan endapan metamorf yang biasanya berasosiasi dengan turmalin dan urat kuarsa timah, serta sebagai endapan sekunder, yang di dalamnya terdiri dari endapan aluvium, eluvial, dan koluvium.………
Mineral yang terkandung di dalam bijih timah pada umumnya mineral utama yaitu kasiterit, sedangkan pirit, kuarsa, zircon, ilmenit, plumbum, bismut, arsenik, stibnite, kalkopirit, kuprit, xenotim, dan monasit merupakan mineral ikutan.
Sumber timah Indonesia merupakan bagian jalur timah Asia Tenggara (The South East Tin Belt), jalur timah terkaya di dunia yang membentang mulai dari selatan China, Thailand, Birma, Malaysia sampai Indonesia. Genetis kehadiran timah bermula dengan adanya intrusi granit yang diperkirakan ± 222 juta tahun yang lalu pada Masa Triassic Atas, Magma yang bersifat asam mengandung gas SnF4, yang melalui proses pneumatolitik hidrotermal menerobos dan mengisi celah retakan, di mana terbentuk reaksi dasar:
SnF4 + H2O SnO2 + HF2
• Kegunaan timah…………………………… ………
 
Dalam pemanfaatan bijih timah dewasa ini telah mengalami banyak peningkatan, terutama dalam memenuhi kebutuhan pasar nasional maupun dunia.
Timah digunakan antara lain sebagai berikut:
1. Pelat timah
2. Solder
3. Logam Putih (babbit)
• Tahap – tahap Pertambangan Timah
Kegiatan pertambangan pada umumnya memiliki tahap-tahap kegiatan sebelum pelaksanan kegiatan penambangan dilakukan, sebagai berikut:
1. Eksplorasi
2. Penambangan
3. Pengolahan

Harga timah sepanjang tahun 2010 melonjak drastis. Pada tahun 2009 harga komoditas tersebut yang terdapat di London Metal Exchange hanya berkisar di rata-rata US$ 10.000 hingga US$ 16.000 per tonnya.
Harga timah terus naik hingga pada akhir tahun 2010 lalu harga terendah timah di London Metal Exchange mencapai hingga US$ 25.460 dan tertinggi mencapai US$ 27.200

Harga timah di pasar dunia di tahun 2011 flaktuatif. Sempat membumbung pada dtitik 32.000 US Dollar per ton dan saat ini stagnan di harga 25.000 US Dollar per ton.

Berikut perkembangan harga timah sejak Januari - Juli 2011 berdasarkan London Metal Exchange (LME) :

Bulan        Harga (US Dollar/Ton)
-------------------------
Januari      27.000
Februari    30.000
Maret        32.000
April          31.000
Mei           32.000
Juni           26.000
Juli            25.000

Menurut pejabat Kementerian Perdagangan Indonesia, ekspor timah murni Indonesia bulan Juni meningkat 35,4 persen daripada bulan Mei.
Data terbaru yang diumumkan Kementerian Perdagangan menunjukkan, sebagai negara pengekspor timah terbesar, Indonesia mengekspor 108.752 ton timah murni bulan Juni lalu, sedang volume ekspor Juni tahun lalu sebesar 8.029 ton.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "HARGA TIMAH"