Tanah Pakpak.. Tanah Leluhur

Big Blog Exchange

 Apakah Big Blog Exchange itu? Dan bagaimana mekanismenya?
Big Blog Exchange adalah sebuah program ekslusif dan pertama kalinya di dunia yang diadakan oleh Hostelling International. Program ini berupa pertukaran 16 blogger ke seluruh dunia. Ke-16 blogger ini nantinya akan bertukar negara dan blog selama 10 hari. Mereka akan mendapatkan kesempatan langka untuk merasakan hidup di negara orang, mengenal budaya negara lain dan menceritakannya melalui blog teman yang bertukar negara. Iya, di blog orang yang bertukar negara dengan kita!


Seluruh blogger dari semua penjuru dunia ini dibagi menjadi 4 wilayah besar yakni Asia Pacific, Europe, America dan Africa and Middle East. Nantinya, dari tiap wilayah akan diambil top 25 berdasarkan voting tertinggi untuk masuk ke babak penjurian. Siapa saja bisa ikut, asal punya blog. Konten blog tidak dibatasi hanya blog yang berbicara mengenai traveling saja. Bahkan kalau blog kamu hanya berisi curhat keseharian pun kamu bisa ikut program ini. Jumlah pembaca dan statistik pengunjung pun tidak dibatasi. Kalau pun blog kamu tidak ada followernya, kesempatanmu sama besarnya dengan blog yang memiliki follower ribuan.

Babak pengumpulan voting ini masih akan berlangsung sampai tanggal 15 April 2013 nanti. Setelah itu, top 25 dari tiap wilayah akan dinilai oleh dewan juri. Dewan juri akan me-review 100 blog yang lolos babak voting ini. Penilaian akan berdasarkan konten, nilai inspirasional dari blog dan passion para blogger untuk mengikuti ajang keren ini. Dari penilaian ini, dewan juri akan memilih 14 blogger (masing-masing 4 blogger dari tiap wilayah) yang beruntung untuk dipasangkan dengan blogger dari wilayah lain dan nantinya akan bertukar negara dan blog selama 10 hari.

Fakta yang saya temui saat mengamati posisi top 25 dari tiap wilayah ini:

Blogger Indonesia mendominasi top 25 untuk wilayah Indonesia. Jadi, teman-teman, bantu blogger Indonesia ini untuk terus bertahan, ya sampai 15 April nanti. Kamu bisa vote semua blogger berbendera Merah Putih yang ada di list top 25 wilayah Asia Pacific. Satu email hanya bisa dipakai untuk sekali vote untuk tiap peserta. Artinya, emailmu masih bisa dipakai untuk vote peserta lain. Dan yang paling penting, kalau sudah memasukkan email saat vote, kamu harus langsung cek email untuk klik link konfirmasi yang dikirim oleh BBE. Sebab kalau tidak begitu, vote tidak akan terhitung. Sayang sekali, bukan?

Kenapa saya semangat sekali ngomongin soal BBE ini? Karena ini kesempatan langka yang bisa membawa nama negara kita ke kancah internasional! Ajang ini merupakan program besar yang mendunia dan sedang mendapat banyak sorotan di mana-mana. Seandainya saya bisa terpilih masuk ke dalam 16 blogger yang beruntung ini, saya punya banyak agenda besar selain hanya jalan-jalan plesiran ke negara orang dengan gratis. Oh well, siapa sih yang nggak pengen jalan-jalan gratis? Tapi membawa nama negara ke negara lain, dan wajib mencatat perjalanan itu di blog milik blogger yang lain negara itu kesempatan langka. Pengalaman once in a lifetime ini akan menjadi pelajaran hidup yang besar artinya dan diharapkan memberi inspirasi ke banyak orang, kalau perlu ke seluruh dunia. Catatan perjalanan ini akan tersebar ke seluruh dunia. Kita punya satu kesempatan besar untuk menyebar kebaikan secara luas.

Dan belum selesai sampai di situ, nantinya ke-16 blogger terpilih ini harus menulis semacam manifesto saat selesai program. Mereka harus menuliskan apa saja yang mereka dapat selama perjalanan 10 hari ke negara orang dan bagaimaa mereka menyikapi perbedaan-perbedaan budaya yang ditemukan di sana. Manifesto ini akan dipilih dan pemenangnya akan mendapat kesempatan untuk dilibatkan dalam program serupa tahun depan! ( dikutip dari Big Blog Exchange rank 25)


Enhanced by Zemanta
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Big Blog Exchange"