Tanah Pakpak.. Tanah Leluhur

Membaca 5 Perpustakaan E Book Di Internet


Foto Ilustrasi Ibnu Sinna (kempu silihta)

Pengertian  dan Defenisi  Membaca adalah :
Membaca merupakan ketrampilan berbahasa yang harus sering dilatih. Semakin sering berhadapan dengan bacaan, semakin terampillah kita membaca.  Selanjutnya menurut BURNS DKK, 1984
Membaca adalah suatu kegiatan kompleks yang melibatkan serangkaian proses mental karena secara garis besar ada 2 hal dasar dalam membaca, yaitu proses membaca dan produk membaca
Dengan membaca, pandangan kita menjadi lebih terbuka terhadap hal-hal baru yang tidak kita ketahui sebelumnya. Bila sebelumnya membaca identik dengan buku, maka di jaman yang serba digital ini membaca tidak hanya terpaku pada membaca buku karena segala informasi terkini telah tersedia di dunia maya.

Hobi membaca tapi terkendala harga buku yang kian mahal? Tenang, ada banyak ebook alias buku elektronik gratis bertebaran di dunia maya. Sejumlah buku yang sudah menjadi public domain, sudah dibebaskan dari hak cipta. Artinya, buku-buku ini bebas diunduh dan dibaca tanpa harus membayar. Banyak pula buku yang memang diterbitkan oleh yayasan nirlaba, sehingga sengaja dipublikasikan secara gratis.
Dimana bisa mendapatkan buku-buku tersebut? Berikut ada beberapa sumber:
  1. Google Books
Ada 130 juta buku yang sudah dipindai oleh layanan ini. Hingga akhir 2012 lalu, lebih dari 22 juta buku sudah digitalisasi oleh Google Books, dan ratusan buku ditambahkan ke sini setiap pekan. Memang tidak semua buku itu tersedia untuk dibaca online. Masih ada beberapa yang dilindungi hak cipta, sehingga hanya bisa dibaca sebagian. Tapi masih banyak sekali buku gratis yang bias didapat di sini, sekitar 3 juta judul, yang bisa dinikmati gratis dengan mengunduhnya dari Google Play Bookstore.
  1. iTunes
Layanan milik Apple ini menyediakan ribuan judul buku gratis yang bisa diunduh di Mac, PC, dan perangkat mobile Apple. Cukup menuju ke App Store, klik Books, lalu pilih Free Books.
  1. Project Gutenberg
Layanan ini menawarkan lebih dari 42.000 ebook gratis untuk diunduh di PC, Kindle, iPad, Android dan perangkat portable lain. Masih ditambah lagi 100.000 judul lain yang bisa didapat dari mitra dan afiliasinya.
  1. Open Library
Open Library adalah layanan nirlaba yang diadakan oleh Internet Archive. Mereka mengadakan rekaman digital terhadap setiap buku yang pernah diterbitkan secara cetak. Kinerjanya sama seperti Wikipedia, bersifat terbuka. Dikerjakan bersama-sama para relawan yang bisa mengedit dan memperbaiki konten. User bisa “meminjam” hingga 5 buku sekali waktu dari 10.000 judul buku koleksi mereka.
  1. Many Books
Many Books  berisi 29.000 judul buku gratis yang tergorganisir menjadi sejumlah kategori. Sebagian besar bersumber dari Project Gutenberg, namun khusus buku popular saja. Bisa diunduh dalam berbagai format, termasuk PDF, dan diakses dari berbagai perangkat. Beberapa judul juga tersedia dalam bentuk audio.
Demikian Pentingnya membaca sehingga layak untuk referensi anda di dunia maya, yang saya kutip dari berbagai sumber di internet, selamat membaca.
Bahasa Indonesia: buku untuk dibaca
Bahasa Indonesia: buku untuk dibaca (Photo credit: Wikipedia)

google books
google books (Photo credit: osde8info)

Open library data–making it real
Open library data–making it real (Photo credit: xmacex)


e-book
e-book (Photo credit: Ángela Espinosa)


Open Library title/author: The model Sader by Jews
Open Library title/author: The model Sader by Jews (Photo credit: libraryman)
Enhanced by Zemanta
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Membaca 5 Perpustakaan E Book Di Internet"