Tanah Pakpak.. Tanah Leluhur

mP

JENIS/SIFAT MATERI PEMBELAJARAN
Jenis materi pembelajaran secara umum dapat dibagi empat, yaitu fakta, konsep, prinsip, dan prosedur. Pertama, fakta adalah tingkat yang paling rendah dari suatu abstraksi. Suatu fakta adalah dalam keadaan aktual (yang sesungguhnya) dan dapat diterima sebagaimana adanya. Fakta tidak memiliki konotasi nilai. Kata kuncinya: Nama, jenis, jumlah, waktu, tempat. Ada beberapa contoh fakta:
1. Indonesia memiliki penduduk lebih dari 175 juta
2. Presiden di Indonesia merupakan kepala pemerintahan eksekutif
3. Negara Indonesia adalah negara kepulauan
4. Rupiah adalah uang yang berlaku di Indonesia
5. Kayu banyak dihasilkan di Kalimantan
6. Kemerdekaan Indonesia diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945
7. Jenis-jenis binatang memamah biak, nama-nama bulan dalam setahun dll.
Untuk memperdalam pengetahuan kita tentang fakta, kita harus dapat membedakan antara fakta dan bukan fakta. Contoh di bawah ini adalah campuran fakta dan bukan fakta:
1. Jakarta adalah propinsi terluas di Indonesia
2. Kalimantan adalah pulau penghasil minyak terpenting di Indonesia
3. Surabaya adalah kota terbesar nomor satu di Jawa Timur
4. Sangkuriang adalah seorang pahlawan kemerdekaan dari Jawa Barat
5. Medan adalah adalah ibu kota Sumatera Utara
Jawaban dari contoh di atas adalah
1. Bukan fakta
2. Bukan fakta
3. Fakta
4. Bukan fakta
5. Fakta
Kedua, konsep adalah sekolompok fakta atau data yang banyak, memiliki ciri-ciri yang sama dan dapat dimasukkan ke dalam satu nama label. Sumber alam adalah merupakan suatu konsep; pasar adalah merupakan suatu konsep; pahlawan juga konsep. Konsep akan sama halnya dengan berkas dalam satu map yang berada dalam lemari kabinet. Apabila kita ingin menempatkan suatu surat ke dalam satu berkas map, kita akan membuka lemari kabinet, memilih map berkas yang memiliki nama label yang sama, menaruhkan surat itu ke dalamnya atau merubah berkas yang sudah ada di dalam map itu atau mungkin bahkan merusak berkas itu. Kita dapat melakukan dari tiga kemungkinan itu. Bila kita berpikir berkas yang ada dalam suatu map, maka nama label yang ada dalam map itu merupakan suatu konsep/konsep label. Sedangkan berkas surat yang berada didalamnya adalah semua surat yang memiliki ciri-ciri yang sama di bawah satu nama label. Bila kita menggunakan konsep tentang pasar, apa yang terpikir di dalamnya ialah pedagang sayurdan buah, pembeli sayur dan buah, harga sayur dan buah dll. Kata kuncinya adalah definisi, klasifikasi, identifikasi, ciri-ciri. Contoh: Bujur sangkar ialah empat persegi panjang yang keempat sisinya sama panjang



Contoh:
Fakta Konsep Konsep
Sungai Ciliwung Sungai Bentuk Geografi
Gunung Merapi Gunung
Danau Toba Danau
Laut Jawa Laut
Ketiga, prinsip adalah menarik dua atau lebih konsep sedemikian rupa sehingga konsep-konsep itu saling berhubungan antara satu dengan yang lain. Contoh: makin primitif suatu masyarakat, lingkungan hidupnya akan makin mempengaruhi cara hudup masyarakat itu. Dari prinsip (generalisasi ini) paling sedikit kita menemukan tiga konsep:
1. Masyarakat primitif
2. Lingkungan hidup
3. Cara hidup
Ketiga konsep ini saling berhubungan dan memberikan keseimbangan antara satu dengan yang lain, hubungan mereka erat sekali; berubah yang satu akan merubah yang lain. Kata kuncinya adalah hubungan, sebab akibat, jika...maka..
Keempat, prosedur adalah langkah-langkah mengerjakan sesuatu sesuai dengan prosedur atau aturan tertentu ( materi yang berkaitan dengan bagaimana melakukan sesuatu). Materi jenis ini biasanya mengambil bentuk serangkaian langkah-langkah yan harus diikuti. Kata kunci, keterampilan, metode, teknik, kriteria untuk menentukan prosedur yang sesuai. Contoh. Cara mengukur suhu badan dengan menggunakan termometer.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "mP"