Tanah Pakpak.. Tanah Leluhur

AR RAZI

Ar Razi Nama lengkapnya Abu Bakr Muhammaed ibnu Zakaria ar Razi, tetapi lebih terkenal dengan nama Ar Razi. Dibarat di beri nama Razes. Beliau lahir di kota Ray, kota pinggiran Teheran Iran. Pada tahun 865 -925 M . Dia adalah seorang dokter dan penulis Muslim yang termasyhur. Tulisan-tulisnnya tentang penobatan sangat mempengaruhi dunia islam dan juga negara-negara barat pada abad pertengahan. Beliau menulis hamper semua aspek kedokteran.
ArRazi menulis lebih dari 200 buku terkait medis, farmasi, filosofi, musik dan ilmu lainnya.. Dn Beliau diakui orang pertama yang melakukan percobaan sains khususnya di bidang medis dan kimia, sebagai wadah baginya untuk menuangkan ketertarikannya dalam methodology percobaan dalam sains alami yang berbeda.
Awalnya ArRazi menjadi dokter kerajaan semasa Pangeran abu Soleh Al manshur penguasa Khorosan, salah satu wilayah diiran. Dia kemudian pindah ke bagdad ketika usianya 40 tahun. Dan dia memimpin banyak rumah sakit disana.
Beliau juga menerbitkan sejumlah buku yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Latin, prancis, Italia, Hebrew dan yunani. Salah satu bukunya yang paling terkenal adalah Al Mnsuri yng dipersembahkannya untuk pangeran AlMansur buku itu berisi 10 risalah dn semua aspek kesehatan serta penyakit. Dalam Buku itu ida menggambarkan pengobatan sebagai seni dalam menjga kesehatan tubuh, seni memerangi penyakit
1. Tidak berlebih-lebihan dalam beraktifitas dn beristirahat
2. Tidak berlebih-lebihan dalam makan dan minum
3. Menghindari sikap hidup berlebihan
4. Tempat tinggal yang baik dan teratur.
5. Hindri perbuatan Keji.
6. Menjaga keseimbangan Ambisi dan upaya mencapainya
7. Pertahankan kebiasaan baik termasuk berolah raga.
Buku karngan nya ynag berjudul Al Murshid menjelaskan tentang jenis penyakit demam yng berbeda termasuk demam yang terus menerus , demam yang berulang dan juga demam tinggi. Menyebukan dalam uraiannya bahwa demam biasa jadi memang gejala penyakit atau memang demam saja.
Buku selanjutnya adalah yang berjudul Al Hawi artinya teks yang lengkap, buku tersebut terdiri dari 22 volume buku tersebut menjadi buku teks utama di sekolah medis di Paris. Khususnya volume 9 tentang farmakologi.
Beliau menguraikan dalam bukunya tentang campak dan cacar air yang judulnya diubah ke bahasa Latin menjadi de paste or de pestilential pada tahun 1965 dan risalah itu tersimpan di universitas Leiden di belanda dengan nomor 761. risalah tersebut merupakan karya besar dalam kedokteran. Risalah tersebut menguraikan perbedaan klinis antara kedua penyakit tersebut.
Sebagian besar karya ArRazi di terjemahkan kedalam bahas Latin dan dicetak berulang kali, terutama di Venice pad tahun 1509, di Paris pada tahun 1528 dan pada tahun 1548. sejumlah ilmu yang diajarkan disekolah-sekolah kedokteran dan perguruan tinggi di Eropah selalu berpandu pada karyanya dan karya Ibnu Sina. Karya-karyanya bahkan masih dicetak ulang pada abad 18.
Instumen dn Zat Kimia
Arrozi mengembangkan beberpa instrument kimia yang masih digunakan hingga kini. Dan juga sebagai penyempurna methode penyulingan dn ekstraksi , yang menghantarkannya pada penemuan asam belerng, dengan cara melakukan penyulingan kering asam belerang dan alcohol. Temuannya ini membuka jalan bagi pakar kimia Persia lainnya untuk menemukan berbagai macam asam mineral. Sebagai Pelopor dibidang Kimia, ia merupakan orang pertama yang m,elakukan penyulingan minyak dan menghasilkan minyak Tanah ( yang digunakan untuk minyak lampu dan bahan bakar pesawat). Prestasi dan maha karya yang amat penting dalam sejarah Kimia , Karena buku-bukunya menjabarkan untuk pertama kali sistim klasifikasi yang dilakukan lewat observasi yang diteliti dan pengamatan kenyataan terkait zt-zat kimia, reaksinya dan peralatannya, semuanya digambarkan dengan bahasa yang hampir seluruhnya bebas dari mistis dan keragu-raguan. Klasifikasi zat yang digunakan ArRazi dalam kimia menunjukan hasil penelitian yang diuraikan dlam karya Al Asrar ( The Secret)
Buku ini ditulis menanggapi permintaan seorang sahabat Razi. Abu Mohammmed bin Yunis of Bukhr, seorang ahli matemtik, filsuf dn ilmuan ternam Muslim. Dalam bukunya itu Ar Rzi membagi menjadi tiga yakni;
1. Pengethuan dan indentifikasi komponen tanaman, binatang dan asal mineral serta penjelasan jenis terbaik dari setiap pemanfaatannya dalam pengobatan
2. Pengetahuan soal peralatan yang digunakan ahli kimia atau apoteker, bagaimana cara penggunaannya dn untuk penyakit apa.
3. Pengetahuan soal tujuh prosedur dn teknik kimia sublimasi dan kondensasi merkuri, pengendapan belerang dan proses peleburan dan proses peleburan mineral (emas, perk, tembaga, timah dn besi).
Al ArRazi terkenal juga menguasai metode dn prosedur pewarnaan benda terbuat dari perak sehingga terlihat seperti emas dan teknik sebaliknya menghapus warna tersebut sehingga perak kembali kerena asal.
Proses penyepuhan metal lainnya (tawas, garam, kalsium, besi dan tembaga) juga dijabarkan Al Rzi beberapa risalah. Beliau menerangkan bagaimana warna sepuhan tersebut bias bertahan selama bertahun-tahun tanpa pudar atau berubah.
Dibalik prosedur ini tidak seorang pun menemukan motif yang ditujukan untuk menipu. Selain murni sebagai hasil teknis.teknik kimia yang dilakukan ArRazi dalam menyepuh ini malah membuat banyak penulis biografi muslim menyakini ArRazi awalnya adalah seorang ahli Permata yang kemudian beralih meneliti Kimia.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "AR RAZI"