Tanah Pakpak.. Tanah Leluhur

KOMPUTER TABLET. (Panduan dan Tips)

I. Pendahuluan.

Konsep tablet PC diperkenalkan oleh Microsoft pada Tahun 2000. Namun, Konsep tersebut baru populer ketika Apple merilis iPad pada April 2010. dengan tampilan computer tablet yang lebih tipis dan lebih ringan dibanding dengan Netbook, pasar computer tablet terus meningkat. Walupun baru popular pada Tahun 2010. Berbagi alterntif computer tablet telah banyak dipasarkan termasuk gempuran produk cina tidak mau ketinggalan dan berbagai model dan disain yang tak kalah menarik dibanding Apple dan iPad)
Pembeda utama antara Komputer tablet dengan netbook adalah pada perangkat inputnya. Untuk perangkat Input Utama, computer tablet menggunakan layar sentuh, sedang netbook tetap mempertahankan keybord. Penggunan layar sentuh pada computer tablet dapat difungsikan menjadi virtual keybord ataupun dengan teknologi handwriting recognition.

II. Panduan Memilih Komputer Tablet

Berikut ini ada beberapa panduan yang dapat dijadikan dasar pemilihan computer tablet.

1. Layar Tampilan

Ukuran layar pada computer tblet berbading terbalik dengan porablitasnya. Ukuran layar(diagonal) yang umum dari computer tblet adalah 9,7 inci (seperti pada Apple ipad dan HP Touch Pad), 7 inci (seperti Samsung galaxy Tab, Black Barry, Play Book, dan sebagian Adroid tablet) 10,1 inci (seperti Motorola Xoom dan Salah satunya versi Samsung galaxy tab) dn 12 inci (seperti pada Asus Eee slate ep 121) jika ukuran tersebut masih terlalu besar untuk dibawa atu dimasukan k etas, adapula computer tablet denganukuran 5 inci, seperti Dell Strek. Karena untuk hampir setiap pengoprasian digunakan layar sentuh. Yang perlu diperhatikan lagi adalah kenyamanan, tingkat responsive dan kemudahan input dari layar sentuhnya.

2. Kecepatan Processornya

Sama seperti jenis processor netbook yng didominsi oleh produk dari Intel Atom dan AMD kebanyakan processor pada computer tablet adalah processor ARM . Keunggulannya adalah asupan konsumsi daya yang rendah dibandingkan processor x86 Intel Atom atu AMD. Rendhnya konsumsi dya tentu berpengaruh pad performa. Idelnya, computer tablet memiliki processor dengan clock speed diatas atau minimal 1 Ghz, Clock spedd dibh 1 GHZ membuat preforma computer tblet lambn dn kurang dapat dinikmati.




3. Protokol Untuk Koneksi Nirkabel

Protokol Standar untuk mengakses wireless local area network( atau Hotspot untuk akses internet) adlah IEEE 802.11 yang biasa dituliskan802.11x. Protokol untuk koneksi nirkbel yng terbru adlah 802.11n, sementara generasi sebelumny yang umum digunakan dlah 802.11,802.11b, dn 802.11g

Beberapa computer tablet yang telah mendukung koneksi protocol terbaru 802.11n adalah Apple iPad, Asus EeeSlate EP 121 dn Samsung Galaxy Tab. Sementr, Dell Streak 5 masih menggunakn protocol nirkabel 802.11b/g (genersi di bawah 802.11n) Karen computer tblet banyak digunakan untuk akses internet, termasuk media streming, pertimbangan fitur dengan protocol koneksi nirkabel terbaru, yaitu 802.11n
5 Sistim Oprasi
Karena keterbatasan hardware, kebanyakan computer tablet tidak dapat menjalankan sistim operasi maupun aplikasi yang umum digunakan pada PC. Sistim opersi yang umum digunakan untuk computer tablet adalah Google Androit (seperti pada HP Slate, Dell streak dan samsung Galaxy Tab), sementara Apple I Pad dn Black Barry Os yang tidak digunakn pada computer tablet lain. Microsoft Windows 7 juga digunakan pada beberapa computer tablet, seperti Asus Eee Slate EP 121.
Pilihan sistim operasi berpengaruh pada apliksi yang dapat dijalankan. Untuk sistim operasi Apple menyediakan ribuan aplikasi yang dapat didownload di App Store dengan harga mulai 99 sen hingga $ 99.(masih Mahal) Pengguna Komputer Tablet dengan sistim operasi Adroid juga dapat mendownload ribuan Aplikasi (baik gratis maupun berbayar) di Adroid Market https://market.Android.com/). Aplikasi-aplikasi itu tentunya OS independent (hanya dapat dijalankan pd sistim operasi tertentu) Tablet Evolve III berusaha mengatasi keterbatasan itu dengn memberikan tiga sistim operasi sekligus, yaitu Windows 7 , Adroit dn MeeGo.
6 Kapasitas Penyimpanan Data
Untuk memperthnkan ukuran yang kompak, untuk media penyimpanan pad computer tbket digunkn Solid Stte Drive (SSD) atu flash drive yang berkpasitas muli 1 GB 4GB,8GB, 16Gb, 32GB, hingga 64 Gb. Pertimbangkan pula adanya slot Micro SD atau port USB untuk tambahan penyimpanan dta secara eksternal. Beberapa computer tablet, seperti Apple iPad dan Blckbrry, playbook, tidak memiliki port USB.
Hal lain yang dapat dijadikan pertimbangan dalam memilih computer tablet adalah input dan output yang disediakan . Koneksi HDMI( High definition multimedia interface) yang dapat digunakan untuk mentransmisikan Video, gambar tu sur keperangkt lin seperti televise atau proyektor tidak banayk disediakan oleh vendor computer tablet. Jika and membutuhkan bnyk koneksi HDMI, anda dapat mempertimbangkan computer tablet ASUS Eee 121 atau Black Barry Play Book yang dilengkapi dengan HDMI port.


III. Tips Menggunakan Komputer Tablet
Jika anda memutuskan untuk memilih computer tablet, berikut adalah beberapa tips menggunakan computer tablet.

A. Lakukan Power Management. Matikn fitur-fitur seperti Bluetooth, Wi-Fi atau GPS ketika tidak menggunakannya karena memboroskan konsumsi baterai. Juga perlu untuk menyesuikan brightness dn contrast pada level yang tidak terlalu terang, tetapi cukup nyaman untuk dilihat. Semakin terang tingkat brightness dan contras, kebutuhan a juga semakin tinggi.
B. Gunakan keyboard yang nyaman saat menggunakan computer tablet untuk melakukan pekerjaan yang membutuhkan pengetikan yng intensif seperti membuat laporan atau menulis surat panjang. Walaupun tidak didesain dengan keybord, beberapa vendor computer tablet seperti Apple dan Samsung, menyedikan key board ukuran kecil untuk digunakan pada computer tablet mereka masing-masing.
C. Gunakn Remote desktop software untuk mengoneksikn computer tablet dengan PC dirumah atau di kantor. Dengan melakukan remote, kinerja prosessor x86 tetap dapat dinikmati pada computer tablet (selama koneksi Internet Stabil) dengan Remote desktop software, anda tidak perlu lagi melakukan singkronisasi dokumen antara computer tablet dengan PC Karen semu pengolahan file dikerjkan lansung pada PC. I Teleport adalah salah satu remote desktop sofwre yang dapat dijalankan pada sistim operasi Mac, Windows dan linux
D. Manfaatkan Cloud Technology, ada banyak layanan online yang dapat digunakan untuk menggantikan berbagi aplikasi PC. Dengan memanfaatkan layanan cloud technology secara online, sumber daya computer tablet hanya terkonsumsi untuk koneksi internet. Contoh cloud technology yang umum digunakan adalah google doc (untuk pliksi pengolah kata, spredsheet, pembuat presentasi, atau menggambar diagram/objek tertentu) dn Sumo Paint (untuk mengolah citra secara Online)
IV. Aplikasi Penting Pada Komputer Tablet
Setelah anda membeli computer tablet ,hal pertama yang mungkin akan dilakukan adalah memfungsikan computer tablet dengan berbagai aplikasi. Namun dengan berbagai ragam aplikasi yang ada, manakah yang perlu didownload terlebih dahulu ? Untuk Apple iPad, berikit ini adalah beberapa aplikasi yang cukup menarik untuk mendayagunakan I Pad.
• Photoshop expess
Merupkan apliksi gratis untuk menampilkan foto atau memfungsikan iPad sebagai digital photo frame pengeditan sederhana, seperti cropping, rotasi, flip, filter, dan penamabahan efek juga dapat dilakukan dengan aplikasi ini.
• Kindle
Dengan warna layer yang jernih dan fitur touch sensitive display pada iPad, banyak pengguna yang lebih suka membaca ebook melalui aplikasi Kindle ketimbang lewat aplikasi ebook atau prangkat kindle. Selin gratis, aplikasi kindle for iPad memiliki beberapa fitur, sperti mengubah backround menjadi hitam dengan teks putih memberikn bookmark font setting, menyembunyikan status baru dan animasi saat membelik halaman,
• iWorkWalaupun beoleh dibilang computer tablet kurang nyaman untuk pekerjaan kantor seperti pengolah kata (page) spreadsheet (Numbers) dan presentasi (keynote). Aplikasi ini dapat dibeli di Apps store dengan harga $10 setiap aplikasi.
• TWEETdECK
Aplikasi ini adalah gratis iPad untuk mengelola account facebook dan tweeter anda dapat mengup date status Facebook dn twetter secara bersamaan dari satu dashboard.
Untuk computer tablet dengn sistim operasi adroid, berikut ini beberapa aplikasi yang penting untuk dimiliki
• Astro File Manager
Fungsi utamany seperti pada windows eksplorer. Dengan interface yng menarik, stro File Manager mampu menangani download file membrowse, membuat dan mengekstak file ZIP, membuat short cut , mengirim file attacment memilih multiple file, melakukan pencarian file, melakukan pencurin file dn sebagainya.
• Thing Free Office
Merupakan apliksi office untuk mengolah dokumen pada computer tablet berbasis android. Pada Smsung Galxy Tab, aplikasi ini telah terinstall. Seperti halnya applikasi office, thing Free office mampu mengelola dokumen utuk pengelola kata (Thing Free Write Mobile) Spreadsheet, Thing Free calc mobile dan presentasi (Thing Free Sho mobile)
• Net counter
• Net Counter dapt digunakan untuk menampilkan transfer data yang telah dilakukan melalui jalur telepon ataupun koneksi Wi-fi, Aplikasi ini cukup berguna ketika computer tablet and tidak memiliki koneksi data yang unlimited sehingga diperlukan pemantauan.
• Nesoid
Bukan hanya PC yang memiliki emulator untuk memainkan game lama. Nesoid merupakan aplikasi emulator pad computer tablet berbasiskan Adroid. Versi ringan dari nesoid dapat didownload dengan gratis, sedangkan full vertion-nya harus dibeli dengan hrga$3.49 yang dilengkapi dengan fiutr untuk menyimpan posisi terakhir game pada SD Card dan ,meloadnya untuk melanjukannya lain waktu serta net-play menggunakan Bluetooth.

PENUTUP.

Netbook dan computer tablet memiliki keunggulan dan kekurangn masing-masing sehingg tidak dapat saling menggntikan. Jika and mempertimbangkan untuk menggunakan computer tablet, berikut adlah beberapa keuntungannya.;

• lebih praktis digunakan ketika tidak ada ruang untuk penggunaan key boar atau mouse, misalnya ketik berbaring ditempat tidur, menunggu dalam antren atau mengemudi
• Lebih ringan dan mudah dibawa
• Penggunaan layar sentuh memudahkan penggunaan berbagai aplikasi, seperti manipulasi citra, pengenalan karkter, aatu permainan berbasiskan mouse.
• Mendapatkan presisi paling baik saat melakukan digital painting
• Universal input yang tidak bergantung pada model keyboard.
Kerugian dari penggunaan komputertblet antara lain sebagai berikut ;
• Harga lebih tinggi
• Pengetikan teks atau kalimat menjadi lebih lama dibanding dengan keyboard biasa.
• Tidk adnya tumpuan saat mengoprasikannya menjadikan computer tablet kurang ergonomic.
• Resiko kerusakan layar lebih besar.
Wlaupun dedepnnya tmpk bahw tren computer tablet semakin meningkat , dalam banyak hal, netbook masih belum dapat digantikan oleh computer tablet.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "KOMPUTER TABLET. (Panduan dan Tips)"