Tanah Pakpak.. Tanah Leluhur

Internet tercepat di Dunia





Google Fiber yang baru diterapkan di Kansas City, Amerika Serikat, adalah salah satu jaringan internet terkencang di dunia dengan kecepatan 1 Gbps

Nah, rekor itu baru saja dipecahkan oleh sebuah provider internet asal Jepang, So-net, cabang perusahaan raksasa elektronik Sony, yang menawarkan layanan internet fiber optic baru bernama "Nuro" untuk penduduk Tokyo, Jepang.

Kecepatannya? 2 Gbps atau dua kali lipat Google Fiber. Pihak So-net mengklaim koneksi internet ini adalah yang tercepat di dunia.

Nuro menggunakan jaringan Gigabit-capable Passive Optical Network (GPON) Jepang yang kabarnya sanggup mencapai kecepatan downstream 2,488 Gbps.

Yang tak kalah menarik adalah harganya. So-net hanya mematok biaya bulanan senilai 50 dollar AS atau sekitar Rp 490.000, lebih rendah dari Google yang menarik biaya 70 dollar AS.

Meski begitu, seperti dilaporkan oleh Tech Spot, ada biaya instalasi sebesar 540 dollar AS yang harus dibayar sebelum pelanggan So-net bisa menikmati kecepatan koneksi luar biasa tersebut. 

Kemungkinan biaya tersebut diperlukan untuk memasang kabel fiber optic menuju rumah pelanggan yang belum tercakup oleh jaringan So-net. Sebaliknya, pelanggan Google Fiber tidak perlu menanggung biaya ini karena sudah ditanggung oleh Google.

So-net pun mensyaratkan sistem kontrak selama dua tahun, dua kali lebih lama dari kontrak satu tahun yang disyaratkan Google.

Tokyo sendiri adalah tempat yang cocok untuk membangun koneksi internet berbasis fiber. Di sini, sekitar 25 persen rumah tangga telah menggunakan koneksi internet kabel serat kaca itu.
Table 1. Altera and Partner Offerings for GPON Applications
GPON ApplicationSolution Elements
Optical Line Termination (OLT) MACStratix V FPGAs, Stratix IV GX FPGAs, HardCopy V ASICs, HardCopy IV ASICs
Ethernet MAC10/100/1000 MAC and 10-Gbit MAC cores from MoreThanIP
Traffic Aggregation and ManagementFrom Altera:
  • 10-Gbps traffic management reference design
  • 10-Gbps RLDRAM II packet memory controller reference design
  • Two-level scheduler reference design
  • Hardware validation platform
20-Gbps Packet ProcessingPacket processing modules and framework from Altera, including:
  • Stratix series FPGAs
  • Arria V FPGAs
  • HardCopy series ASICs
  • Cyclone® series FPGAs
  • Nios® II embedded processors
From Ethernity Networks:



Sumber : 

www.altera.com 
          Kompas.com


Enhanced by Zemanta
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Internet tercepat di Dunia "