Tanah Pakpak.. Tanah Leluhur

4.564 siswa SMA/K/Aliyah Tak Lulus UN 2013


Dampak yang sangat signifikan dari UN yang bermasalah menjadi bukti ini hasil sebanyak 4.564 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di Sumatera Utara dinyatakan tidak lulus ujian nasional (UN) tahun 2013.

Sekretaris Dinas Pendidikan Sumut Hendri Siregar merinci dari 4.564 peserta UN yang tidak lulus tersebut, 1.616 orang (1,96%) merupakan siswa Sekolah Menengah Kejuruan dan 2.948 orang (2,51%) adalah siswa SMA dan Madrasah Aliyah.

Peserta yang tak lulus UN itu bagian dari 82.425 siswa yang mengikuti ujian. Adapun dari seluruh siswa SMA/MA yang tidak lulus UN, 736 orang adalah jurusan IPA, 2.196 orang  adalah jurusan IPS; 10 siswa dari jurusan bahasa dan 6 siswa dari jurusan agama.

"Kami belum dapat menyampaikan hasil secara rinci dan detail, karena hasilnya baru akan dicetak hingga tengah malam nanti, bahkan sampai besok pagi. Kami mohon maaf karena hasil UN Sumut baru kami terima dari panitia pusat ," kata Hendri Siregar kepada wartawan, Kamis 23 Mei 2013.

Menurut Hendri tingkat kelulusan tahun 2013 menurun dibanding tahun sebelumnya yang hanya 0,08 persen. Namun, Hendri mengaku belum bisa menganalisis penyebab penurunan kelulusan tersebut. Dia tidak menampik kemungkinan penyebabnya adalah kacau balaunya distribusi naskah UN.

"Penyebabnya kami belum bisa analisis. Ya, mungkin saja salah satunya karena itu (keterlambatan naskah UN)," katanya. Besok, sambung Henri, hasil ujian itu akan di umumkan resmi.

Semoga kejadian seperti tahun ini tak terulang di masa akan datang, siapa sih anaknya yang tak ingin lulus UN. Tentunya tak ada, Oleh karena itu nasi telah jadi bubur kepada yang Lulus selamat atas kelulusannya, bagi yang tidak lulus jangan bersedih dan putus asa hari esok akan lebih baik lagi yakinlah kegagalan hanya keberhasilan yang tertunda.

Semoga juga kebijakan UN  ditahun depan lebih memberdayakan otoritas guru dalam meluluskan muridnya ini adalah amanat dalam undang undang, sehingga nantinya setelah dievaluasi UN menjadi yang terukur dan bermartabat.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "4.564 siswa SMA/K/Aliyah Tak Lulus UN 2013"