A.Deskripsi Buku
Penulis : Charlene Tan
Kategori : Penelitian
Pendidikan Islam
ISBN : 978-0-415-87976-7
(hbk)
:
978-0-203-81776-6 (EBK)
Bahasa : Inggris
Tempat
Terbit : New York
Diterbitkan : Tahun 2011
Diterbitkan : Tahun 2011
Penerbit Buku : Penerbit Routledge & e-Library Taylor
& Francis
Jumlah
Halaman : 208
Halaman
B. Daftar Isi Buku
Introduction……………………………………………………………………............….1
- Struggling for Control: Indoctrination and Jihad …………………….............. 12
- (De)constructing an Indoctrinatory Tradition…………...........................…...... 28
- Indoctrination in Formal Education: The Case of Pondok Pesantren Islam Al Mukmi………………………………..................................................................... 43
- Indoctrination in Non-formal and Informal Education: The Case of Jemaah Islamiyah ………...............................................................……………………….………...... 62
- Weaving a Different Net: An Educative Tradition …………...................…….. 76
- Islamic Schools in Indonesia: Islam with a Smiling Face? ……...............…….. 91
- Whither Religious Pluralism, Strong Rationality, and Strong Autonomy? ………………………………………………………............................................. 114
- Beyond Indoctrination: Towards Educative Muslim Traditions …................ 129
Conclusion ……………………………………..............................……………....……..
144
Notes
…………………………………………………................................…….………
151
Bibliography
…………………………………………............................……………….
187
Index
……………………………………………………............................…………….
201
Introduction (Pendahuluan)[1]
Dalam pendahulunan Charlene Tan
menjelaskan kata kunci dalam memahami bukunya yaitu pengertian dari : Islam, Pendidikan Islam, Muslim, Tradisi
Muslim, Terorisme dan Militansi, Islamisme dan Jihad.
Dengan memahami kunci di atas penulis ingin menjelaskan
hal-hal sebagai berikut “saya akan memesan pembahasan rinci indoktrinasi untuk
beberapa bab berikutnya. Tapi saya ingin membuat dua poin dari klarifikasi
tentang indoktrinasi di sini. Pertama, sementara indoktrinasi dan militansi
(dan terorisme) terkait, mereka tidak digunakan secara sinonim. Tidak semua
militan muslim menjadi korban indoktrinasi, dan tidak semua diindoktrinasi.
Muslim akan beralih ke militansi. Studi kami melampaui isu-isu militansi,
terorisme, dan masalah keamanan kepada pertanyaan mendasar indoktrinasi.
Pertanyaan-pertanyaan ini meliputi: apa yang indoktrinasi, bagaimana, apakah
indoktrinasi terjadi, apa kondisi untuk indoctrinatory tradisi eksis dan
berkembang, dan bagaimana kita bisa menghindari dan kontra Indoctrination.
Kedua, bahwa saya telah terletak diskusi kita indoktrinasi
dalam konteks Islam tidak berarti bahwa indoktrinasi adalah "Islam masalah
"atau hanya Muslim bisa diindoktrinasi. Saya telah memilih untuk fokus pada Muslim daripada, katakanlah,
Kristen, Konghucu, Hindu atau karena persepsi saat ini bahwa sejumlah militan
Muslim dan siswa dari sekolah-sekolah Islam adalah korban indoktrinasi.
Sementara fokus saya adalah pada pendidikan Islam, kesimpulan saya pada
indoktrinasi akan berlaku untuk pendidikan dalam agama-agama lain juga.
Setelah mengenal diri kita sendiri dengan masalah
indoktrinasi dan definisi istilah kunci, mari kita lanjutkan untuk membongkar
makna indoctri bangsa dalam bab berikutnya[2].”
- Struggling for Control: Indoctrination and Jihad [3]( Berjuang Pengendalian:Indoktrinasi dan Jihad)
Pada pembahasan ini penulis berusaha untuk menjelaskan
pengertian dari indoktrinasi dan jhad dimana penulis menjelaskan
- Kontrol keyakinan[4]; Kontrol keyakinan adalah keyakinan inti yang kita peroleh dalam proses alami enkulturasi, pendidikan, sosialisasi, dan interaksi dengan orang-orang dan alam. Sementara semua manusia terus untuk mengontrol keyakinan (kecuali orang tersebut adalah perkembangan menantang), orang-orang yang diindoktrinasi terus untuk kontrol mereka keyakinan berbeda . Dengan kata lain, cara di mana sebuah indoktrinasi per-anak memegang keyakinan kendalinya set nya terpisah dari seseorang yang tidak indoctrinated.
- Psikologi Keyakinan yang kuat[5]; Secara psikologis kuatnya keyakinan adalah mereka yang dihargai dan integral kehidupan seseorang dan pribadi identitas. Mereka biasanya memeluk tanpa pertanyaan dan paling tahan terhadap berubah. Sementara semua keyakinan kontrol dianggap sebagai psikologis yang kuat, mereka tidak memiliki kekuatan psikologis yang sama. Beberapa keyakinan kontrol diadakan .lebih kuat daripada yang lain dalam arti bahwa mereka dianggap sebagai yang paling important bagi orang dan membentuk inti dari keberadaan dan identitasnya. Sebuah taat Buddha, misalnya, cenderung menghargai keyakinan agama pada intinya karma (Doktrin penyebab moral) dan reinkarnasi lebih dari nya dasar politik keyakinan bahwa demokrasi parlementer adalah bentuk pemerintahan terbaik. Untuk lebih memahami kekuatan psikologis keyakinan kontrol, kita perlu melihat bagaimana keyakinan berhubungan satu sama lain dalam suatu sistem kepercayaan. Keyakinan tidak diperoleh dan tidak berfungsi dalam isolasi; bukan mereka ada sebagai kelompok atau jaring keyakinan saling bertautan. Ketika seseorang mencoba untuk memahami dan menilai situasi, kelompok keyakinan diaktifkan dengan keyakinan fungsi sebagai keyakinan kontrol, keyakinan data atau kepercayaan data latar belakang. Totalitas dari kelompok keyakinan membentuk sistem kepercayaan seseorang. Apa yang kemudian menentukan kekuatan psikologis keyakinan kendali.
- Kontrol Keyakinan dan Indoktrinasi[6]; Mari kita menerapkan apa yang telah kita pelajari tentang keyakinan kontrol untuk indoctri bangsa. Orang yang diindoktrinasi adalah orang yang memegang keyakinan kekuasaannya di tiga cara yang saling berhubungan yang berbeda dari non-diindoktrinasi peranak.
Pertama, orang yang diindoktrinasi
berpegang pada jumlah yang sangat kecil kontrol keyakinan. Jumlah kecil dijamin
dengan menghapus semua rangsangan eksternal yang memiliki potensi yang akan
diselenggarakan sebagai keyakinan kontrol dengan korban. Buatan lingkungan
dikenakan di mana korban, biasanya terisolasi dari keluarganya dan masyarakat,
terkena hanya keyakinan istimewa oleh indoctrinator. Keyakinan kontrol yang
dipilih biasanya dinyatakan dalam abstrak dan metafisik seperti
"Tuhan", "kebenaran", "kebebasan", dan
"kemajuan". Mereka selanjutnya diwakili rapi dalam biner "untuk
kami atau melawan kami" pandangan dunia. Dipercayakan dengan otoritas
absolut, ini keyakinan sederhana dan sederhana berfungsi untuk menjamin bahwa
hanya sejumlah pilih keyakinan adalah (dan harus) istimewa dan ditanamkan.
Perbedaan kedua antara orang
diindoktrinasi dan orang yang tidak diindoktrinasi terletak pada sejauh mana
keyakinan kontrol menanamkan kematian dalam lanskap kognitif nya. Keyakinan
kontrol dari indoktrinasi orang begitu tertanam dan diselenggarakan sedemikian
psikologis yang kuat cara yang mereka telah dijajah lanskap seluruh kognitif
nya. Mereka buka dan menyensor masukan baru yang menantang atau tidak sesuai
dengan yang ada mengontrol keyakinan dengan membentuk keyakinan baru untuk
menolak mereka, seperti "ini adalah dari setan "atau" hanya
belum diselamatkan / berdosa / orang bodoh berpikir seperti itu ". Unsur
prisingly, orang mengembangkan afinitas intens dan lampiran untuk
"Kami" dan permusuhan yang sesuai dan kebencian terhadap
"Mereka". Dengan menyalurkan semua
energi untuk diri mereka sendiri, keyakinan kontrol ini membentuk
identitas orang tersebut dan mengendalikan seluruh hidupnya, membuatnya
menafsirkan segala sesuatu melalui pandangan keyakinan kontrol.
Perbedaan ketiga adalah bahwa
keyakinan kontrol non-diindoktrinasi orang tetap, untuk berbagai tingkat,
terbuka untuk meragukan dan revisi ketika disuntik dengan ide-ide yang
bertentangan dan bukti yang bertentangan. Tapi ini bukan kasus untuk orang
diindoktrinasi: seperti keyakinan kendali seseorang keras kepala menahan
tantangan eksternal dan bahkan mendistorsi kenyataan dengan menyaring semua
stimuli yang masuk dan menafsirkan informasi baru sejalan dengan dan dukungan
kepercayaan kekuasaannya.
- Keyakinan Kontrol : contoh Jihad; Secara harfiah berarti "perjuangan" atau "berusaha", jihad secara umum didefinisikan sebagai melakukan yang terbaik untuk menegakkan hukum-hukum Allah, menyebarkan dan membangun itu. Arti umum ini tidak boleh disamakan dengan perjuangan bersenjata atau perang. Di Indonesia, negara yang terkenal dengan bentuk toleran dan inklusif Islam, banyak Muslim berbicara tentang jihad sebagai memberikan yang terbaik bagi Allah. Contoh jihad keras adalah jihad imam samudra dan teman-temannya.
Perbedaan pendapat dan perdebatan di
kalangan umat Islam tentang jihad mengungkapkan kontras keyakinan kontrol di
tempat kerja di masing-masing tradisions. Ingat bahwa tradisi jihad adalah
wacana yang berusaha untuk menginstruksikan sebuah komunitas Muslim pada
formulir yang benar dan tujuan jihad. Sebuah tradisi jihad adalah suatu proses
sosial historis terletak konstruksi makna bersama jihad melalui teks (Qur'an,
hadits, dan tulisan oleh para sarjana Muslim klasik) dan konteks (formal,
non-formal, dan pendidikan informal dari para pemimpin agama, anggota keluarga,
dan masyarakat). Daripada satu tradisi jihad homogen, ada tradisi jihad yang
berbeda dan bersaing di berbagai Muslim komunitas , masing-masing dengan
identitasnya sendiri, sejarah, lintasan, dan perjuangan. Oleh karena itu
seharusnya tidak mengejutkan kita bahwa konsep jihad hari ini tetap
diperebutkan oleh Muslim (dan non-Muslim) dari berbagai tradisi.
Ini
adalah pelajaran untuk dicatat bahwa tidak ada konsensus di antara ulama
tentang hubungan antara pencucian otak dan indoktrinasi. Di satu sisi, ada
peneliti yang berpendapat bahwa cuci otak berbeda dengan indoktrinasi, atas
dasar bahwa mantan harus melibatkan paksaan. Hal ini diyakini bahwa mencuci
otak seperti indoktrinasi, sejalan dengan strategi pemaksaan seperti isolasi ditegakkan, interogasi, obat-obatan,
dipaksa pengakuan, dan self kritik, disertai dengan serangan emosional seperti
kecemasan mendorong, ketakutan, dan bahkan gangguan mental.
Namun,
sementara saya setuju cuci otak yang biasanya koersif (karena yang asosiasi
dengan cuci otak Komunis China tawanan perang), indoktrinasi mungkin memaksa
juga. Saya setuju dengan Robert S. Baron yang kita harus membedakan dua jenis
indoktrinasi: bentuk sukarela (untuk Misalnya, merekrut anggota untuk bergabung
dengan kelompok kultus) dan bentuk koersif (untuk Misalnya, memenjarakan
tawanan perang).
Selain
itu, tidak benar bahwa strategi pemaksaan seperti kekerasan fisik hanya
digunakan dalam pencucian otak dan tidak dalam indoktrinasi. Seperti yang
ditunjukkan sebelumnya, indoktrinasi mungkin dicapai melalui metode seperti
stres fisik dan teratur setiap hari jadwal kegiatan. Singkatnya, indoktrinasi
yang efektif memerlukan perpaduan cerdas kognitif, afektif, dan teknik
manipulatif fisik yang saling memperkuat satu sama lain. [7] lihat
[1] Halaman. 1- 11
[2] Halaman 10 - 11
[3] Halaman 15 -31
[4] Halaman 17
[5] Halaman 21
[6] Halaman 23
[7] Halaman 29
Thanks for reading & sharing Sidikalang Sidiangkat
0 Comments:
Post a Comment