Tanah Pakpak.. Tanah Leluhur

Niat Mencari Gelar Sarjana

Pengertian Niat

النية شرط لسائر العمل   بها الصلاح والفساد للعمل

An niyatu sartun lisairil 'amal biha sholaku wal fasadu lil'amal

Artinya : niat itu adalah syarat bagi semua amalan dalam ibadah dengan niat akan diketahui baik dan buruknya amalan.


Hadis populer menyatakan dari Amir l’Mu’minin Abi Hafsh Umar ibn Al Khaththaab Radhiyallahu ‘Anhu, berkata: Aku telah mendengar Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Sesungguhnya amal-amal itu bergantung kepada niatnya. Dan setiap orang memperoleh sesuai dengan apa yang ia niatkan. Maka barangsiapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya. Dan barangsiapa yang hijrahnya karena dunia yang dikejarnya atau wanita yang hendak ia nikahi, maka hijrahnya kepada apa yang ia (niatkan) hijrah kepada nya.” (HR: Bukhari-Muslim)
Hadits di atas begitu popular di kalangan kaum muslimin. Sering sekali kita mendengar ucapan: “Yang penting niat. Bukankah niat kita baik” Dan sangat boleh jadi pengucapnya hanya tahu sedikit atau sebagian dari kaedah ini. Mungkin dia mendengar hanya potongan dari hadits ini yang diucapkan seseorang, mungkin juga lengkap tetapi telah disimpangkan pengertiannya oleh orang yang ia dengar dari nya hadits ini. Akhirnya semakin jauhlah apa yang sering diucapkan kebanyakan kaum muslimin dengan maksud sesungguhnya dari hadits di atas, bahkan bertentangan sama sekali.janganlah karena niatan tidak ikhlas membuat amalan termasuk pula menuntut ilmu agama jadi sia sia belaka.

Mencari Gelar Sarjana 

Belajar di Perguruan tinggi untuk meraih ijazah supaya mendapatkan posisi strategis dalam dakwah dan bermanfaat bagi kaum muslimin, seperti itu tidaklah menafikan keikhlasan.
Adapun jika ada yang miskin lalu punya niatan bahwa ia ingin menempuh kuliah agama agar mendapatkan ijazah. Dari situlah ia mendapatkan harta, namun sayangnya ia tidak punya keinginan untuk meraih akhirat sama sekali. Orang seperti ini dikatakan berdosa.
Tentu saja jawabannya tidak seragam karena setiap orang memiliki keahlian, pengalaman, dan kepribadian yang berbeda-beda. Namun seringnya, orang mengusahakan studi S1/2/3 untuk mencapai pekerjaan dan kesempatan-kesempatan yang lebih baik. untuk lebih jelasnya baca  tulisan disini 

Demikianlah semoga kita tak henti berikhtiar dan dimudahkan menuntut ilmu yang bergelar sarjana (SI/2/3) penuh keberkahan memberi pencerahan dan  perubahan nyata bagi diri dan umat.

Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Niat Mencari Gelar Sarjana "