Tanah Pakpak.. Tanah Leluhur

“Teknik Pemecahan Masalah”


Kali ini saya ingin berbagi mengenai teknik memecahkan masalah. Teknik pemecahan masalah adalah sebagai proses menyelesaikan suatu permasalahan atau kejadian, upaya untuk mengambil pilihan yang terbaik yang mendekati kebenaran.
Sering kita melihat suatu permasalahan antara keinginan dan harapan tidak singkron maka perlu kita mencari penyebabnya bahkan kita mesti menelusuri secara ajeg. Bahkan dengan bantuan  mencari pemecahan masalah dilakukan dengan mesin pencarian  google dengan kata kunci “Teknik Pemecahan Masalah dan  “Problem Solving”
Isi pengantar diatas adalah informasi dan paling penting artikel Pemecahan masalah bahkan sering juga dimaksud dengan mengambil suatu Keputusan. Mengabil suatu solusi bahkan win win solusi tentunya mengarah kepada keputusan yang tebaik sehingga mengurangi masalah bahkan menghilangkan permasalahannya.
Dua paragraf diatas adalah informasi pendukung mengenai Teknik Pemecahan Masalah terbaru.  
Pertama skema dibawah ini adalah sangat strategis pada ujung tombak penyelesaian pemecahan masalah yang kerab diminati sebagai informasi di bawah artikel ini menjelaskan tehnik Pemecahan Masalah atau sering disebut Problem solving.
Mengapa inti artikel ini menjadi penting?
Paragraf diatas adalah inti artikel mengenai subjek Pemecahan masalah sebagai pengambil keputusan efektif tentunya tidak mudah  seseorang akan mengambil pertimbangan terbaik tentunya menelisiknya dengan beragam elemen yang komplementer atau secara filosofistis. Perbedaan filosofis ini adalah hal yang perlu disamakan sehingga tidak mengalami kesulitan dalam mengambil keputusn yang tepat.
Betapa pentingnya kita melihat kondisi atau lingkungan cakupan yang spesifik secara fisikis dan juga sosial baik secara eksternal maupun internal perlu kita perhatikan baik itu dilingkungan keluarga, perusahaan, sekolah dan disituasi dimana anda berada.
Sebagai Pimpinan sejatinya mengambil keputusan berdasarkan hasil dari penggalian informasi yang akurat dan terhangat serta paling mutkhir atau tranding topik. Hal yang di kehendaki dalam artikel Teknik Pemecahan Masalah adalah Bagaimana seorang pengambil keputusan melengkapinya dengan terbentuknya Bank Persoalan  atau Data base yang akurat terpercaya.
Secara keseluruhan dalam kehidupan kita tentunya dihadapkan permasalahan permasalahan yang kompleks  bahkan sangat rumit di lingkungan masing masing. Kita semestinya jangan berlarut-larut dalam bergelimangnya permasalah tersebut tentunya adalah suatu keberuntungan anda di mudahkan mesin pencarian google menemukan artikel “ Teknik Pemecahan Masalah tebaru “ini.
Empat Tahapan yang perlu di jalankan menurut Benjamin B.T dan Charles H, Kepner yakni: 


  1. Analysis Situasi
  2. Analysis  Masalah
  3. Decition Analysis
  4. Potential Analysis Problem
Analysis Situasi yakni mengidentifikasi, mengklarifikasi, prioritas penanganan sejak dini, mana yang ditunda serta mana yang menimbulkan permasalahan. Kita hendaknya menentukan tujuan mana yang menjadi target utama jangan di campur campur. Mengumpulkan fakta-fakta dengan catatan yang relevan kebiasaan yang berlaku, pendapat dan perasaannya. 

Lalu mempertimbangkan fakta dan tentukan kelanjutan yang harus diambil dengan menghubungkan fakta yang satu dengan yang lain, pelajari pengaruhnya dan menentukan apa tindakan yang semestinya diambil, hal ini kita hendaknya bersikap bijaksana. Tentukan siapa yang mengambil keputusan secara menyeluruh atau sebagian tertentu saja. Adalah bijaksana juga kita pertimbangkan siapa-siapa yang perlu diberi informasi tentang keputusan atau tindakan yang diambil. Lalu tentukan waktu yang tepat untuk di ekskusi terakhir adalah periksa hasil pelaksanaan dengan mengevaluasinya apakah tujuan tercapai dan pelajari perubahan sikap dan hubungan antara satu pihak dengan pihak lain.

Sementara analisis keputusan di poin kedua  kita hendaknya membendakan apa yang harus di capai dan dengan apa ingin di capai pencapaiannya. Skala prioritas adalah “ penting” dan juga alternative terbaik dalam mengimpementasikan sehingga optimal.



Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "“Teknik Pemecahan Masalah” "