Tanah Pakpak.. Tanah Leluhur

Urgensi Tentang Pemikiran Pembelajaran Melalui Pengembangan Model Pembelajaran

ABSTRAK

The urgent of think about learning model is the varities supplying in providing teaching subject enrolling the aspect before and after learning.
Urgensi pemikiran tentang model Pembelajaran adalah seluruh rangkaian penyajian materi ajar yang meliputi segala aspek sebelum sedang dan sesudah pembelajaran yang dilakukan guru serta segala fasilitas yang terkait yang digunakan secara langsung atau tidak langsung dalam proses belajar mengajar Pembelajaran melalui model bertujuan untuk ‘ membantu siswa menemukan makna diri (jati diri) di dalam lingkungan sosial dan memecahkan dilemma dengan bantuan ‘kelompok’. Dengan pembelajaran melalui model siswa akan mengetahui perjalanan hidup serta aktivitas kerja keras seseorang dalam mencapai kesuksesan. Urgensi Pemikiran pembelajaran melalui pengembangan model pembelajaran terutama pada belajar model dapat dilakukan dengan fase-fase, yaitu fase perhatian, fase retensi, fase reproduksi dan fase motivasi, fase-fase ini akan menghasilkan penampilan seseorang. Dengan menggunakan fase-fase tersebut secara sistematis akan dapat memberikan pembelajaran melalui model secara efektif dan efisien.

Kata Kunci : Urgensi Pemikiran, Model Pembelajaran
62-0627-22849
 DAFTAR PUSTAKA
Istarani, 58 Model Pembelajaran Inovatif: Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran. Medan: Media Persada, cet ke-3, 2012.

Wina Sanjaya, Kurikulum Pembelajaran Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP. Jakarta: Prenada Media Group, 2008.

Faturrahman Pupuh, Strategi Belajar Mengajar  (Bandung: Refika Aditama, 2007

Roestiyah NK, Strategi Belajar Mengajar  .Jakarta: Rineka Cipta,, 2008.

Hamzah B.Uno, Model Pembelajaran (Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif)  .Jakarta: Bumi Aksara, 2007

Joyce Barker, Cooperative Learning in Student’s Role, (New York: Beverly Hills, 1999

Rusman, Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012

Robert Gagne dalam Syaodih Nana, Teori-Teori Belajar  (Jakarta: Universitas Indonesia, 1984.

Moedjiono, Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan, 1992.

Anas Sudjono, Pengantar Evaluasi Pendidikan (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2003.

Saifullah Ali, Pendidikan dan Pengajaran (Surabaya: Usaha Surabaya, 1983.

Abdul Syakur Terj. Kaidah-Kaidah Pendidikan ( Bandung: Toha Putra, 2011.


Abdul Majid dan Dian Andayani,  Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004  (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005

Muhammad Buchori, Teknik-Teknik Evaluasi Dalam Pendidikan (Semarang: Jemars, 1983.








Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Urgensi Tentang Pemikiran Pembelajaran Melalui Pengembangan Model Pembelajaran"