ABSTRAK
The urgent of think about learning model is the varities supplying
in providing teaching subject enrolling the aspect before and after learning.
Urgensi pemikiran tentang model Pembelajaran adalah seluruh
rangkaian penyajian materi ajar yang meliputi segala aspek sebelum sedang dan
sesudah pembelajaran yang dilakukan guru serta segala fasilitas yang terkait
yang digunakan secara langsung atau tidak langsung dalam proses belajar mengajar
Pembelajaran melalui model bertujuan untuk ‘ membantu siswa menemukan makna
diri (jati diri) di dalam lingkungan sosial dan memecahkan dilemma dengan
bantuan ‘kelompok’. Dengan pembelajaran melalui model siswa akan mengetahui
perjalanan hidup serta aktivitas kerja keras seseorang dalam mencapai
kesuksesan. Urgensi Pemikiran pembelajaran melalui pengembangan model
pembelajaran terutama pada belajar model dapat dilakukan dengan fase-fase,
yaitu fase perhatian, fase retensi, fase reproduksi dan fase motivasi,
fase-fase ini akan menghasilkan penampilan seseorang. Dengan menggunakan
fase-fase tersebut secara sistematis akan dapat memberikan pembelajaran melalui
model secara efektif dan efisien.
Kata Kunci : Urgensi Pemikiran, Model Pembelajaran
62-0627-22849
DAFTAR PUSTAKA
Istarani,
58 Model Pembelajaran Inovatif: Referensi Guru Dalam Menentukan Model
Pembelajaran. Medan: Media Persada, cet ke-3, 2012.
Wina
Sanjaya, Kurikulum Pembelajaran Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP. Jakarta: Prenada Media Group, 2008.
Faturrahman
Pupuh, Strategi Belajar Mengajar (Bandung:
Refika Aditama, 2007
Roestiyah
NK, Strategi Belajar Mengajar .Jakarta:
Rineka Cipta,, 2008.
Hamzah
B.Uno, Model Pembelajaran (Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif
dan Efektif) .Jakarta: Bumi Aksara,
2007
Joyce
Barker, Cooperative Learning in Student’s Role, (New York: Beverly
Hills, 1999
Rusman,
Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru (Jakarta:
PT Raja Grafindo Persada, 2012
Robert
Gagne dalam Syaodih Nana, Teori-Teori Belajar (Jakarta: Universitas Indonesia, 1984.
Moedjiono, Strategi
Belajar Mengajar (Jakarta: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan
Tinggi proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan, 1992.
Anas
Sudjono, Pengantar Evaluasi Pendidikan (Jakarta: PT. Raja Grafindo
Persada, 2003.
Saifullah
Ali, Pendidikan dan Pengajaran (Surabaya: Usaha Surabaya, 1983.
Abdul
Syakur Terj. Kaidah-Kaidah Pendidikan ( Bandung: Toha Putra, 2011.
Abdul
Majid dan Dian Andayani, Pendidikan
Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004 (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005
Muhammad
Buchori, Teknik-Teknik Evaluasi Dalam Pendidikan (Semarang: Jemars,
1983.
Thanks for reading & sharing Sidikalang Sidiangkat
0 Comments:
Post a Comment